Cara Mudah Pembagian Bentuk Desimal


Alhamdulillah…, tulisan matikkelas6 tentang perkalian dan pembagian desimal paling banyak dibaca oleh pengunjung. Namun, pada pembagian desimal banyak mengundang pertanyaan. Perlu diperhatikan, bahwa cara pembagian ini untuk angka atau bilangan yang sederhana. Untuk bilangan yang agak rumit tentu ada cara tersendiri. Oleh karena itu, saya tuliskan ulang cara pembagian desimal yang mudah dan sederhana.

Contoh: 1,2 : 0,6 = …

Hilangkan koma maka, 12 : 6 = 2

1,2 (satu koma di belakang koma) , 0,6 (satu angka di belakang koma)

=> 1 – 1 = 0 jadi jawaban 2 (tanpa koma)

contoh lagi: 0,15 : 0,3 = …

15 : 3 = 5

0,15 ( 2 angka di belakan koma) , 0,3 ( 1 angka di belakang koma)

=> 2 – 1 = 1 jadi jawaban 0,5 (1 angka di belakang koma)

contoh lagi: 0,125 : 0,5 = …

125 : 5 = 25

0,125 ( 3 angka di belakang koma) , 0,5 ( 1 angka di belakang koma)

=> 3 – 1 = 2 jadi jawabn 0,25 ( 2 angka di belakang koma)

Kalau hasil pengurangannya negatif, maka tambahkan angka nol sebanyak hasil pengurangan.

contoh: 0,12 : 0,006 = …

12 : 6 = 2

0,12 (dua angka di belakang koma), 0,006 (tiga angka di belakang koma).

2- 3 = -1 maka hasil tambahkan nol 1 menjadi 20

Semoga paham boleh coba:

1. 1,8 : 0,6 = …

2. 1,44 : 1,2 = …

3. 1,75 : 2,5 = …

4. 2,16 : 6 = …

5. 0,25 : 0,0005 = …

Categories: Matematika | 53 Komentar

Navigasi pos

53 thoughts on “Cara Mudah Pembagian Bentuk Desimal

  1. Untuk soal 8.0049 : 0.0015 sepertinya gak bisa pake cara ini deh. Kalo koma dihilangkan 80049 : 15 hasilnya 53366. Angka dibelakang koma kan sama2 4, kalau diselisihkan jadi 0, berarti gak pake koma, kan? Hasil aslinya itu 5336.6. Gimana tuh pak? Saya jd bingung. Itu dari soal TPA.

    • @Ridwan: betul. Kalo hasil bagi tidak pas / bersisa, maka cara yang saya tulis di artikel ini tidak bisa digunakan. 80049 : 15 saya hitung pakai kalkulator 5336,6 Ridwan, bukan tepat 53366. Jadi jumlah angka dibelakang komanya tidak perlu dikurangi karena aturan tidak berlaku.

      Kesimpulannya bila hasil baginya bersisa, maka menggunakan cara lain semisal kurung gapit/cara pistol, atau menggunakan kalkulator (untuk smp dan sma). Demikian jawaban saya, semoga bisa dipahami🙂

  2. Bagaimana cara mengubah bilangan buasa menjadi bilangan desimal

  3. pembenci matematika

    thanks

  4. Saya masih belum mengerti dengan pembagian desimal, apa bisa lebih detail tutornya …

    • Mohon maaf, hanya itu yg bisa saya tulis. Intinya adalah pembagian biasa dengan memperhatikan jumlah angka di belakang tanda koma, tapi di artikel ini hanya untuk bilangan yg habis dibagi. Baca kembali artikelnya.

    • kenapa kamu belum mengerti sama pembagian

  5. geby

    artikel ini bagus

  6. DEA AYUNDA

    JIKA SOALNYA PECAHAN MISALNYA SEBELAS PER DELAPAN BERAPA

    THANKS I LOVE MATEMATIKA

    • Maaf Dea, dengan cara di artikel ini tidak bisa. Insya Allah akan saya buatkan artikelnya. terima kasih. i love matematika!

  7. kalau bilangan biasa dibagi bilangan koma bagaimana caranya kak? terimakasih

  8. aku sekarang mengerti

  9. TERIMA KASIH ATAS PEMBERITAUNYA SAYA JADI MENGERTI SEKARANG

  10. kalo misalnya 0,8 : 0,3 kan 8 di bagi 3 hasi nya bukan bilangan bulat, itu gimana caranya?

  11. Vivi

    makasiii kakkk

  12. kalo soalnya 0,9:8,5= itu hasilnya gimana pak

  13. Bagus, saya jadi lebih paham.

  14. aegi

    Bagaiman cara untuk melakukan pembagian seperti 240 : 57,3 ? Saya masih belum paham

    • kalo pake cara artikel ini, nggak bisa Aegi.
      coba pake cara pembagian biasa aja, cara kurung gapit atau nama lainnya cara pistol.
      angkanya berubah jadi 2400 : 573 (kedua bilangan sama2 dikali 10)
      semoga paham..

  15. Michael Panca Natha

    Pak , kalo buat angka yang rumit gimana tuh? Bikininn caranya dong , besok ulangan umum nih hehe..
    Thanks

    • maaf Michael, coba cari di web/blog matematika untuk SMP/SMA. ini blog khusus untuk SD.
      mungkin komen di atas kamu bisa membantu. kemaren ada yg nanya jg.

  16. Ini soal cerita:sebuah kardus yang berisi 36 bungkus mi mempunyai berat 2,5kg.jika berat kardus kosong 0,16kg.berat mi setiap bungkus ……..kg

    • Ini soal cerita:sebuah kardus yang berisi 36 bungkus mi mempunyai berat 2,5kg.jika berat kardus kosong 0,16kg.berat mi setiap bungkus ……..kg

    • (2,5 – 0,16) : 36
      2,34 : 36
      (2 angka dibelakang koma) – (0 angka dibelakang koma) = 2 angka dibelakang koma
      234 : 36
      6,5
      kembalikan komanya (2 angka dibelakang koma)
      = 0,065

  17. Kalau bilangan desimal dibagi bilangan biasa cara ngitungnya gmn

    • Coba baca artikel diatas. Ada di akhir2 artikel, contohnya ada di soal no. 4. Coba dibaca pelan2 artikelnya, semoga paham..

  18. Ferdyan

    Om mau nanya kalo 1004,8:50,24 bisa pake rumus yang diatas tdk?

  19. huti nch

    untuk soal 2.16 : 6 , saya kalikan dulu 100 menjdi 216 ; 600 = 0.36.
    mohon masukannya pak .. terima kasih sebelimnya

    • boleh saja, tapi menurut saya cara ini untuk anak SMA, atau untuk anak SD yg sdh bisa pembagian kurung gapit/cara pistol.

  20. ramdan

    terimakasih blog nya sangat membantu

  21. terima kasih blog nya sangak membantu

  22. pecahan desimal satu per empat kak aku belum paham.

  23. adryansulthanpangestu

    Hasil dari mengubah pecahan desimal 5,94 : 36 =
    Balas ya secepat nya

  24. jika soalnya begini 21,063 : 0,07 = … berapa n gunakan cara apa ya?…

  25. Bang kok klo 0.15:2=0.075 malah brtmbh nol nya

    • karena 15:2 hasilnya tidak habis dibagi. Ini pengecualian untuk cara ini. coba kalo 0,16:2 = 0,08 (2 angka dibelakang koma, baca lagi artikel di atas)

  26. Damar waicaksono

    1,05:8,75 berapa si

  27. Setyo Agung P

    Admin Bisa bantu ngerjain semua PR MTKu gk?? saya males hahahahahaahhaha :v

  28. Yogii

    Ka , kalau 3,5 : 2,5 gimana ya kak?

  29. Oktavia

    Mengapa contoh yg 0,12 : 0,006 = 20
    0 tersebyt dari mana

    • 12 : 0,006 = …

      12 : 6 = 2

      0,12 (dua angka di belakang koma), 0,006 (tiga angka di belakang koma).

      2- 3 = -1 maka hasil tambahkan nol 1 menjadi 20

      kalo -2, tambah nol 2
      kalo -3, tambah nol 3, dst…

  30. aldi

    kalok 361:30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: