Diagram Lingkaran


Menyelesaikan soal diagram lingkaran.
Perhatikan contoh di bawah!
diag-ling1
Bila jumlah seluruh ternak milik Matikkelas6 adalah 200 ekor, maka hitunglah banyak masing-masing ternak!

Pertama: Cari dahulu persentase masing-masing ternak
Kedua: Mulai hitung jumlah masing-masing ternak.

Caranya : (persentase yang dicari : persentase yang diketahui) x angka soal

Dari soal di atas, maka persentase ternak yang belum diketahui adalah kambing. Persentase kambing adalah :
100% – (25% + 15% + 20%)
100% – 60% = 40%

diag ling2
Menghitung masing-masing ternak:
-Ayam : (25% / 100%) x 200 ekor = 50 ekor
-Sapi : (20% / 100%) x 200 ekor = 40 ekor
-Bebek : (15% / 100%) x 200 ekor = 30 ekor
-Kambing : (40% / 100%) x 200 ekor = 80 ekor

Demikian, semoga dipahami…

Bersambung ke sini.

Categories: Matematika | 41 Komentar

Navigasi pos

41 thoughts on “Diagram Lingkaran

  1. an nisa

    bebek warna ungu 15% atau 10%

    • hehehe…. Nisa betul. Ada kekeliruan antara gambar soal dan gambar jawaban. Sekaligus menjadi ralat. Solanya ganti aja ya bebeknya 15%, supaya yg baca bisa paham. Makasih Nisa…πŸ™‚

  2. anggun

    makasih udah mudeng puooooooooooooollllllllllllllll!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  3. bagus

  4. mkasih matik…

  5. nathan

    bebek nya ko 15
    bukanya 10

  6. Yenniraya

    kalau yang diketahui hanya bebek caranya bagaimana untuk menemukan yang lainnya

    • Yeni betul…
      Model Soal seperti ini yg belum matikkelas6 buat. (maaf) males nggambarnya. Insya Alloh segera saya buat. Sebenarnya diagram lingkaran punya 4 tipe soal. Trims Yenni..

  7. lha klo soalnya misal 30 ekor bebek carilah berapa banyak kambing

    • Itulah tipe soal yg belum matik6 buat. Coba lihat komentar Yenniyara di atas. Harap maklum.

      jawabnya jika demikian pertanyaannya, maka kambing = (40% / 15%) x 30 = 80 ekor

  8. Sorry, Im from Holland.. I cant understand this language.. Can you please write it in english??

  9. Jason Adiwijaya

    Klo dari negara lain kok bisa masuk sini ya? Bukannya titlenya bhs Indo?

  10. Jason Adiwijaya

    Thx for info

  11. terima kasih ya untuk contoh soalnya

  12. Adi

    200nya dapet dari mana ya ?πŸ™‚

  13. elisabeth

    gimana kalo nilai persen yang di tambahkan lebih besar dari 100%???

    • sepertinya nggak mungkin, karena satu lingkaran penuh harganya 100%. bisa liat contoh soalnya? pake kata2 saja kalo gambar nggak mungkin dikirim.

  14. Salma

    Maksudnya / tuh apa?

  15. Trims. Berkat ini, UH saya biji 100

  16. Bagoes darmawan

    Kalau sudut siku sikunya belum diketahuin bagaimana caranya……

    • sudut siku2 itu memang nggak pernah ditulis besarnya, karena sudah kita ketahui, yaitu 90 derajat atau 25%. Ada juga kok contoh di sini. Masukan aja di kotak search “contoh soal diagram lingkaran”, insya Alloh ada.

  17. Rina Aulia

    itu kenapa dibagi 100 % ya? sedangkan di soal yg kedua, dibagi 55% dari hasil presentase. bingung hehe mohon bantuannya

    • Karena yang diketahui SELURUH. lihat soal di atas : “Bila jumlah seluruh ternak milik Matikkelas6 adalah…”
      Nah itu ada kata “seluruh”, berati 100%, bila derajat = 360 derajat.

  18. Budi

    Gimana cara ngerjainnya klo soalnya gini:
    Data Jenis olah raga yg d gemari siswa kls 6
    – siswa yg gemar tenis meja Ada 2 orang
    – Bulu tangkis ada 3 orang
    – Renang ada 7 orang
    – Kasti ada 8 orang
    – Sepak bola ada 6 orang
    – Voli ada 4 orang
    Masukan data tersebut ke dalam grafik lingkaran

    • Jumlahkan dulu seluruh siswa ( 2 + 3 + 7 + 8 + 6 + 4 = 30 org)
      tenis meja = 2/30 x 100% (klo persen) atau 2/30 x 90 (klo derajat)
      bulu tangkis 3/30 x …
      renang 7/30 x …
      dst…
      Nanti nggambarnya pake busur derajat ya Budi…

  19. dhent arif

    makasih matik 6 sd sekarang saya sudah ngerti

  20. makasih matik sd sekarang saya sudah ngerti

  21. izza

    gooooooooodddddd ….. makasih

  22. linda

    tolong bantu saya ya matik 6 sd
    jika banyak pengunjung pada hari sabtu dan minggu adalah …
    kamis : 10%
    jumat : 15%
    sabtu : 20%
    minggu : 30%
    rabu : 25%
    sebelumnya makasih
    TOLONG DIJAWAB YAπŸ™‚

    • sepertinya soal kurang lengkap.
      apa ada yg bisa bantu jawab?

      • Erin

        tolong bantu saya ini soalnya
        pada sebuah diagram lingkaran terdapat :
        bulu tangkis : 35%
        renang : 35%
        basket : 35 %
        tenis meja : ? ditanya
        banyak siswa 48 anak. berapa banyak siswa yang menyukai tenis meja?

        apa iti soal pada diagramnya yang salah ya soalnya lebih dari 100% ..
        mohon dibantu secepatnya matik

      • soal salah..

  23. Erin

    tolong bantu saya ini soalnya
    pada sebuah diagram lingkaran terdapat :
    bulu tangkis : 35%
    renang : 35%
    basket : 35 %
    tenis meja : ? ditanya
    banyak siswa 48 anak. berapa banyak siswa yang menyukai tenis meja?

    apa iti soal pada diagramnya yang salah ya soalnya lebih dari 100% ..
    mohon dibantu secepatnya matik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: