Perkalian dan Pembagian Desimal


Perkalian:

Tips :

1. Hilangkan tanda koma.

2. Kalikan seperti biasa.

3. Kembalikan tanda koma (sesuai dengan jumlah koma pada soal)

contoh :

1,5 x 0,3 = …

15 x 3 = 45

1,5 ( satu angka di belakang koma ), 0,3 ( satu angka di belakang koma )

jumlahkan 1 + 1 = 2, maka hasil perkalian menjadi 0,45 (hitung 2 (dua) angka dari belakang)
 
Pembagian:
Tips :
1. Hilangkan tanda koma.         
2. Bagi seperti biasa.
3. Kembalikan tanda koma (selisih jumlah koma soal)
 
contoh :
1,25 : 0,5 = …
 
125 : 5 = 25
 
1,25 ( dua angka di belakang koma ), 0,5 ( satu angka di belakang koma )
 
selisihkan 2 – 1 = 1, maka hasil perkalian menjadi 2,5 (hitung 1 (satu) angka dari belakang).

CATATAN: METODE PEMBAGIAN DENGAN CARA DI ATAS, HANYA BERLAKU UNTUK PEMBAGIAN YANG TIDAK BERSISA.
CONTOH: 2,4 : 6 = …
ADAPUN UNTUK PEMBAGIAN BERSISA, MAKA METODE DI ATAS SULIT DIGUNAKAN. CONTOH 0,5 : 6 = …
Untuk contoh yang lebih banyak, ada di sini. Tapi tetap untuk angka/bilangan yang sederhana🙂

Categories: Matematika | 137 Komentar

Navigasi pos

137 thoughts on “Perkalian dan Pembagian Desimal

  1. intan

    maaf min mau nanya kalo misalnya ada soal sperti ini : 250:3,6 ? Bgaimana cranya..:)

    • berarti caranya begini intan:
      hilangkan koma, menjadi 250 : 36 = 6.94
      250 (tidak punya koma = 0), 3,6 (punya satu angka di belakang koma)
      maka 0 – 1 = -1, sehingga tambahkan satu koma lagi menjadi 69,4
      semoga bisa dipahami…

      • uswahtunhasanah

        hahahaha……………..ya ya pembagian pistol itu susah………………………………………….

      • avianti

        Angka 4 di belakang koma dari manayah?

      • Ya… kayaknyya teori jawaban di atas salah. Saya kembalikan lg ke artikel saya ya Avianti. Kalo hasil pembagi tidak bagus/tidak habis dibagi, maka cara yg digunakan artikel ini TIDAK BISA DIPAKAI. Terima kasiih…

    • Sebenarnya ada cara yang lebih mudah daripada menghilangkan tanda koma. Perhatikan dan cari angka yang terbanyak di belakang koma (1 digit, 2 digit 3 digit,…..).
      Bisa kita umpamakan 1 angka dibelakang koma adalah merupakan sisa pembagian persepuluhan, 2 angka dibelakang koma adalah merupakan sisa pembagian perseratusan, dst. ( misal: 3,6 => 36/10, 2,58 = 258/100). Sebaliknya untuk mengembalikannya tinggal dikalikan pembaginya.

      Untuk 250:3.6, tinggal kita kalikan saja masing-masing dengan 10, karena jumlah digit/angka setelah koma terbanyak adalah 1.

      = 2500:36
      = 69,4

      selesai….

    • mau nanya dong kalo ada soal kayak gini 4,2 × 3/7
      gmn caranya?

    • misal..
      3,14 x 50 x 50 =…
      hasil nya berapa please..

  2. Sri

    Min mau tanya dong kalo 350×3,6 itu gimana caranya min ? Dan pemempatan tanda komanya yg bener hitungannya gimana ?

  3. bagaimana kalo soal seperti ini : 0,5 dibagi 60

    • kalo kasus ini angka depan lebih kecil dari angka belakang. Jadi kalo pake cara ini agak susah ><
      5 : 60 = 0,083
      kembalikan koma (1 – 0 = 1)
      0,083 jadi 0,0083 (gitu ya) (discus ya cak…)

  4. min klo soalnya gini 0,49×4,567 gimana min caranya?..

  5. fitri

    min klo soalx gini gmna??????????
    (xy:yx)=
    gmana tuh????

    • mohon maaf untuk para browser sekalian🙂
      dengan tidak mengurangi rasa hormat, ini adalah blog yg membahas matematika kelas 6 SD. Jadi pembahasannya sederhana. Bukan utk soal yg rumit.

      kalo yg ditanya fitri jawabannya 1 tuh kayaknya…

  6. kakak,
    maaf kalo ngulang ngulang😀
    150:4 = 37,5
    nah itu cara mbaginya gimana ya, kalo pke cara pistol
    sya tunggu jawabannya secepat mungkin :))

  7. caranya gimana sih kak ,
    yang rinci🙂

  8. adi rahman

    Min kalo 2,7:3,070 itu penyelesaiannya gimana?
    Ama kalo nyari akar ganjil atau koma bagaimana juga misal 3^1/2 atau 4,6^1/2.

    #butuh pencerahan

    • Mohon maaf untuk Adi, blog ini untuk kelas 6 SD. Untuk menjawab pertanyaan Adi, coba kunjungi matemakita.com atau mathsolar.com

      Sekali lagi mohon maaf tidak bisa menjawab, terima kasih atas kunjungannya🙂

    • 2,7=27/10;
      3.070 = 3070/1000;
      =27/10:3070/1000
      =27*1000:3070*10;
      =270:307;
      =0.8795;

  9. marsel

    22,75:3,5 brp

  10. agus

    kalo 71, 2 di kali 10 gimana ?…….

    • 712 X 10 = 7120
      KEMBALIKAN KOMANYA JADI 712,0 ATAU 712

    • 71,2 = 712/10
      = (712*10)/10
      = 712*1 (karena 10/10= 1)
      = 712

    • Sebenernya sih sma 712 dulu saja yg dikali dgn 10 dan koma nya simpan saat sudah di kali sebelumnya kan ada 1angka di belakang koma dan tambah kan koma nya cth. 71,2*10= 721*10=7210=tambah kan koma jadi hasilnya 712,0 sama saja dgn 712 kan kalau 0 dibelalang koma boleh di hilang kan selesai deh??????

  11. min bisa gak cari volume kls 5

  12. Ade nur

    Min misalnya dibelakang komanya ada 3 gimana?
    kaya 0,589:10?

  13. Dicky

    kalau 204,9 : 54,7 =…… cara cepatnya gmn?

    • Kalau pakai cara artikel di atas tidak bisa, karena 2049 : 547 tidak habis dibagi atau bersisa. Coba baca lagi artikel di atas.

      Mungkin ada yg tahu? Boleh bagi ilmunya dong🙂

      • jody

        Mas misalkan 1,4:1,9*89,8:77:0=
        itu caranya bagaimana
        Jelaskan…..!

      • sama seperti tadi, pake cara pecahan biasa:
        14/10 : 19/10 x 898/10 :77:0 = … (itung sendiri)

    • satria

      hasil nya adalah 150,2

  14. Ayu

    kalau mau ngerjain soal ini 12,5:1,5, gimana caranya.Mohon jelasin caranya?

    • Pembagiannya bersisa Ayu, maka cara ini tidak bagus untuk dipakai. 125 : 15 = 8 sisa 5. Seandainya 125 : 15 = 8 maka 12,5 (satu angka di belakang koma) , 1,5 (satu angka di belakang koma) maka 1 – 1 = 0, sehingga jawab tidak berkoma yaitu 8🙂

  15. Sheva

    Assalamuallaikum Wr.Wb.

    Mau Tanya Kalau Misalnya 2,84 : 100 =
    gimana caranya ya. Mohon Jelasin Ya..
    Makasih🙂

    • Wa’alaikumsalam.
      Kalo pake cara artikel di atas nggak bisa, soalnya pembagiannya bersisa 284:100 = 2 sisa 84

      Tapi ada cara mudahnya untuk perkalian dan pembagian 10, 100, 1000 dst. Kalo x (kali) komanya mundur sebanyak nol (0), kalo bagi komanya maju sebanyak nol (0).

      2,84 : 100 => komanya maju 2 kali, jadi hasilnya 0,0284.

  16. aura dwi anggreni

    gak jelas bingits

  17. Ghina Arlia Salsabila

    kalau soalnya 0,45 x 5/12 :1 9/16 hasilnya berapa?

    • Diubah dulu jadi pecahan biasa.
      Mohon maaf, untuk artikel di atas tidak dapat digunakan pada soal ini. Insya Alloh saya buatkan artikel untuk soal seperti ini.

  18. kalau soalnya 1,25 : 2,5 berapa hasilnya

    • sama dengan contoh soal di artikel atas.
      1,25 : 2,5 = …
      125 : 25 = 5 atau 05
      2 koma – 1 koma = 1 koma, shg jawaban 0,5

  19. min kalo soalnya 2,5 : 180 gimana jelasin donk min

    • Kalau pake cara artikel di atas nggak bisa.
      Bisa pake cara ini:
      2,5 : 180 =
      25/10 :180 =
      25/10 x 1/180 =
      25/1800
      hitung sendiri ya….

  20. min kalo soalnya 32,3 – 18,97 + 3,125

  21. mantap thanks yo infonya, infonya benar-benar membantu

  22. kalau 50 : 0,5 itu gimana caranya ?

  23. roi ananda

    kalau soalnya kek gini gimana 12,5 kali 0,3=……….. gimana caranya maaf kalau soalnya kurang jelas

  24. oci dachi

    kalo soalnya 12,5 di kali 0,5=……..gimana

  25. Aura Sepptyanola Morsnel

    kalo, 1,345345345…. bentuk paling sederhananya kayak gini gak
    1 345/999

  26. ai saniah dan siti anisah

    oooooh

  27. Mayya Khoirull Jannah

    maaf min mau tanya kalo 7,8 X 18 kox bisa 140,4 ya

    • ya, kalikan tanpa koma hasilnya 1404.
      Karena hanya ada satu angka di belakang koma, hasilnya juga satu angka di belakang tanda koma,
      140,4

  28. ye ni

    maaf y min mau tanya nie
    ubahlah desimal menjadi pecahan biasa 0,62 , 1,83 , 3,425 adalah

  29. aldo

    Kalo 1,6 : 3,6

  30. bagaimana kalau 3,14 x 12,25

    • kalikan tanpa koma, nanti hasinya 4 angka di belakang tanda koma. coba baca lg artikel di atas. utk perkalian lbh mudah drpd pembagian.

  31. ade

    berapa sih hasil dari 3,14 dikalikan 2 dikalikan 2 dikalikan 7

  32. ade

    hasil dari 3,14 dikali 2 dikali2 dikalikan 7=

  33. kalau 32/7 menurut desimal berapa yah???

  34. Kalau 6,28 × 10,5
    Itu gimana cara ngitung nya

  35. Muhammad Ralfy

    apa hasil dari 1000 dibagi 24 dan berapa hasil dari 400 dibagi 24 ?

  36. soal: suatu peta berskala 1:400.000. jika jaraj kota A dan kota B 32km, maka jarakx pada peta adalah???

  37. hasil dari 41/2 ; 1/4 x 7/8 ; 0,7 dan 165% : 21/2 x 1,25

  38. sunarsihpermatasari

    aku mau nanya
    klau misalnya 0,7809*0,8787=
    berapa ya, caranya juga ya

    • Caranya sudah jelas di artikel. Tinggal kalikan saja 7809 x 8787, terus nanti hasilnya 8 angka dibelakan tanda koma. Sudah bisa mengalikan kan?🙂

  39. m.arta.w.r

    Klo 30,21-6,29+15,32= hasilnya berapa bu/pak/mas

  40. Bagaimana caranya -7……..-1 tolong kirimkan caranya

  41. fahmi rahmawan

    Kalo aku punya1,3×2,3 gimana caranya,

  42. Kalau soal begini 2500×9
    Itu gimana caranya kak. Ini soal untuk test buat kerja kak.
    Mohon dijelasin secara rinci dong kak

  43. diska

    maaf mau tanya kalo ada soal
    kayak gini 1,84×3,25?
    bagaimana caranya..: )??

  44. Astrit

    Kalo 0.02×30 gmn?

    • 2 x 30 = 60
      kembalikan komanya (2 angka di belakang koma, hitung dua angka dari belakang) = 0,60 atau 0,6

  45. Min kalo 1,2×1,8 gimana saya bingng nin

    • Kalikan aja seperti biasa, nanti hasilnya 2 angka di belakang tanda koma.Coba baca lagi penjelasannya di atas.

  46. Irwan

    53×11=50×10=500 ini cnth soal
    198_47=…-…= jwbnnya gmna ya

  47. atsry

    kalo 0,25 : 5 jawabanx gimana ya?? Tolong jawab ya

  48. audra

    Kalo begini cara jawaban gimana min 29.014 : 326
    Makasih min

  49. anynine

    Bagus,, skrg saya sudah mengerti ,, tpi yg pembagian masih kurang di mengerti🙂

  50. Ratna

    Kalo, bilangannya yg dibagi 3, gimana? 2,75: 1,25: 0,22=….

    • bisa dikerjakan satu-satu dari depan, 2,75:1,25 dulu, hasilnya bagi dg 0,22
      Silakan cari di situs yg lain. Matematika SMP/SMA.

  51. Meisya

    Kalo 6 4/5 brp si buat bsk

  52. Balas

    Pak kalo soalnya sperti ini gimana mnyelesaikannya?
    50:27,225=?
    Terima kasih

  53. Sulastri

    Pak kalo soalnya sperti ini gimana mnyelesaikannya?
    50:27,225=?
    Terima kasih

  54. Om ,gimana kalo soalnya gini 0,076 ×1000000

  55. Om
    gimana kalo soalnya gini 0,076 ×1000000=

  56. ichigo

    Ubahlah 1000000 ke desimal. Itulah yang aku tau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s