Luas Daerah yang Diarsir


Tips: Mencari luas daerah yang diarsir/diraster/berbayang adalah:

Luas daerah seluruhnya – Luas daerah yang putih !

contoh:

bangun arsiran 1

Luas daerah yang diarsir adalah : luas persi panjang – luas segitiga

= (p x l) – (1/2 x alas x tinggi)

= (20 x 10) – ( 1/2 x 20 x 10)

= 200 – 100

= 100 cm2

mudah bukan….

Sekarang coba kerjakan. Hitunglah luas daerah yang diarsir!

1. bangun arsiran 22. bangun arsiran 3

Categories: Matematika | 58 Komentar

Navigasi pos

58 thoughts on “Luas Daerah yang Diarsir

  1. wulolang

    mekasih yah udah ngerti ko

  2. attika

    numpang tanya..
    sebuah persegi terletak tepat berada di dalam lingkarang. jika keliling persegi tersebut adalah 56 cm. tentukanlah luas daerah yang diarsir????

    • Wah,… ini jarang untuk soal kelas 6 tika. Tapi saya coba jawab ya..

      Persegi tepat berada didalam lingkaran, maka kita cari dulu sisi persegi. 56:4=14 cm. Diameter lingkaran didapat menggunakan teorema pitagoras. V14pangkat2+14pangkat2=V382=14V2.

      Maka luas daerah arsir = luas lingkaran – luas persegi
      = ( 22/7 x 7V2 x7V2 ) – (14 x 14)

      Hitung sendiri ya…😉

      • Syukri

        Gk ngerti😥

      • yogi mahendra putra

        616

      • irvanda ivariza

        permisi mau menanya kalau sebuah lingkaran diarsir menjadi 4/9 soal ditanya jika panjang garis tengah adalah 126 cm luas yg diarsir adalah??
        terima kasih….

      • 4/9 x 22/7 x 63 x 63

      • irvanda ivariza

        permisi mau menanya

        kalau sebuah lingkaran diarsir menjadi 4/9 soal yg ditanyakan jika panjang garis tengah 126cm luas daerah yg diarsir adalah

      • 4/9 x 22/7 x 63 x 63

  3. Rizky

    makasih uda kasih tau rumusnya ya, tapi masih bingung sedikit

  4. rizki kurniaty

    tak mengerti

  5. ene

    ada yg lain?? atau yg lebih susah?

    thanks

  6. Yang nomor 2 ΐtυ kyk ♏ªñª… Yah ?

    • Luas 1/2 lingkaran yg besar (diameternya 14 cm x 3 ) dikurang luas 1/2 lingkaran kecil (diameternya 14 cm) . Coba hitung sendiri ya…:)

  7. Ratna Maulida

    soal no 2 tolong jelaskan lebih rinci dong..?

  8. lamla

    yang no 1 kyk mana ya…?

    • Soal no. 1 itu, luas persegi panjang – luas jajar genjang.
      Panjang persegi panjang 15+5 = 20 cm, lebarnya 10 cm. Selanjutnya hitung sendiri ya…:)

  9. shasa artamevia

    tlong bantu yah
    sebuah permukaan meja berbentuk trapesium panjang CD=12 cm,tinggi=15 cm,dan BC=17 cm jika 1 cm2 pemukaan meja dari granit seharga Rp.700,maka harga permukaan meja tersebut adalah…???
    #tolong bantu penting

    • shasa artamevia

      caranya yah agar lebih terbaiki…

    • bisa dilihat di artikel rumus luas trapesium di web ini Shasa…
      Ada yg kurang dr soal Shasa, yaitu gambarnya. Memang gak mungkin ditampilin gambarnya:)
      Setidaknya keterangan ABCDnya jelas.
      Luas trapesium = jumlah sisi sejajar x tinggi : 2 .
      Kita cari dulu alas segitiga kecil dg pitagoras -> 17^2 – 15^2 = 324 -225 = 64. akar 64 = 8.
      Sekarang sisi AB = 8 + 12 + 8 = 28 cm, sehingga luas = (12 + 28) x 15 : 2 = 40 x 15 : 2 = 300 cm2.
      Harga = 300 x 700 = 210.000
      Jelasnya silakan liat rujukan sy juga menjawab soal ini yaitu: http://mafia.mafiaol.com/2013/03/contoh-soal-dan-pembahasan-keliling-dan_26.html soal no. 5, kayaknya mirip spt yg ditanyakan Shasa.

  10. Sebatang kawat cukup untuk membuat 3 kerangka persegi dengan panjang sisi 45cm.jika kawat yang sama akan dibuat persegi panjang dengan panjang 15 cm dan lebar 12 cm , maka banyak kerangka persegi panjang yang dapat dibuat adalah

  11. Itu mksdnya 7V2 tuhhh apa??? Gk ngerti!!!!

  12. Andini

    Tolong dibantu yah.
    Jika luas segitiga sama kaki PQR = 100 cm, lebar PQ = 32 cm. Luas daerah yg diarsir adalah?…

  13. cici

    SOAL NYA GINI KAK JIKA PANJANG SISI PERSEGI ABCD 1 cm, berapakah luas bangun yang diarsir, dy gmbr nya persegi terus diatas nya berbentuk segitiga yg di arsir , gimana rumus nya

  14. vivaldi

    baru pertama kali

  15. via

    Kak, numpang tanya kalo ada lingkaran cuma setengah trus ada diameternya cara hitung luasya gimana?

  16. alvita

    numpang tanya!! jika panjang busur PQ=20cm,sedangkan sudut pusat POQ=120° maka tentukan keliling nya ?caranya gmn?

  17. Kak mw tnyk yg no. 2 itu kyk mana yh
    Thx

    • Luas 1/2 lingkaran yg besar (diameternya 14 cm x 3 ) dikurang luas 1/2 lingkaran kecil (diameternya 14 cm) . Coba hitung sendiri ya…:)

  18. Cara mudah

    Nomer 1 mudah, nih caranya luas segitiga=1/2×a×t
    = 1/2×5×10
    =1/2×50
    =25
    Karena segitiganya ada dua hasilnya=25×2=50

  19. yuki

    Jika diameter lingkaran 42cm. Luas daerah yg s arsir adalah…..cm2
    arsir ada 5 di lingkara

  20. Riska silalahi

    Saya mau nanya berapakah keliling yang di arsir jika terdapat 2 bagian 1/4 lingkaran pada sebuah bangun persegi dan diluar bangun persegi terdapat 4 bagian dari setengah lingkaran yang mana pada tiap sisi bangun persegi panjang 7 cm . Bls sekarang ya.

  21. Alda Kurniasari

    Harga satu unit komputer sekarang adalah Rp.4.200.000
    Harga ini sebesar 60% dari harga 4 tahun yang lalu
    Menurut anda,harga komputer 4 tahun yang lalu adalah

  22. Arul_AFST.PSC

    Numpang, Kalau jari2nya 14 dan yang tidak diarsir itu 144° titik tengah titik p, berapa luas yang diarsir itu yah?? Plis dong pake cara.

  23. mau nanya dong, ada sebuah lingkaran 2/4, jari jarinya 20.cara menentukan luasnya bagaimana ya???pliis dijawab ya

  24. Hartono

    Nomer 1 bener gak
    p x l – a x t
    20 x 10 – 15 x 10
    200 – 150 = 50 cm²

  25. sara.

    maksaih ya gara-gara lihat rumus di sini saya dapat mengerjakan ujian makasih ya

  26. novi adriyani

    jika lebarnya 10 cm berapakah luas daerah yang diarsir??

  27. Itu soal nomor 2 habis di kali dibagi 2?

  28. Rahmahanjani

    Kak soal no 2 itu aku gak ngerti ka , kan rumus setengah lingkaran 1/2×Π×r×r trus gimana kak?kok aku lihat momen ada tujuh nya itu dari mana ya kak?

    • 1/2 lingkaran besar – 1/2 lingkarang putih

      (1/2 x 22/7 x 21 x 21) – (1/2 x 22/7 x 7 x 7) = …

      Lingkaran yg besar (seluruh 1/2 lingkaran) diameternya 14 x 3 = 42 cm, makanya jari2nya 21.

      Nah , 1/2 lingkaran kecii yg putih diameternya 14 cm, shg jari2nya 7 cm.

      Semoga paham ya Rahma…

  29. Rahmahanjani

    Kk no 2 aku belom ngerti tolong dijelaskan tapi yg gampang aja soalnya aku pengen ngalahin temen yg sombong >,<

  30. Rafa

    Numpang nanya ya .

  31. Rafli

    Kak tanya dong kl VWXY adalah bangun persegi
    VW =14 cm dan r=22/7
    Luas daerah yang di arsir = ….cm23
    Kl gambarnya bangun persegi ditengahnya ada lingkaran dan disampingnya diarsir kak
    Makasih ya kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. Tema Adventure Journal.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: