Kisah Kelahiran Rosululloh Shollallohu “Alaihi Wa Sallam


Rosululloh Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam dilahirkan di Kota Makkah. Tahukah kalian di manakah Kota Makkah itu? Makkah terletak di bagian barat daya Benua Asia. Daerah sekitar Makkah disebut dengan Jazirah Arab, sebuah daerah gurun pasir dengan luas sekitar 12.000 mil persegi dan hampir sepertiganya adalah tanah pasir.

Kota Makkah sejak dahulu sudah menjadi pusat keagamaan. Di dalam kota Makkah terdapat Ka’bah, rumah suci pertama di dunia. Di salah satu sudutnya terdapat batu hitam (Hajar Aswad) dan sampai sekarang masih ada.

Ketika ibunda Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam mengandung beliau, terdapat sebuah peristiwa ajaib- dengan izin Alloh-yang dialami oleh ibunda beliau. Ibunda Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam melihat cahaya menyinari istana-istana Bushro di negeri Syam yang keluar dari rahim ketika mengandung beliau.

Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam dilahirkan pada hari Senin tahun gajah, dan banyak para ulama menyebutkan bahwa tanggalnya adalah 12 Rabi’ul Awal.

Kelahiran Rosululloh Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam sangat dinantikan oleh keluarga dan kerabatnya. Setelah ibunda beliau, Aminah, melahirkan maka diutuslah seseorang untuk memberitahukan kabar gembira ini kepada kakek Rosululloh, yaitu Abdul Mutholib.  Kakek beliau sangat berbahagia. Dia pun membawa Nabi yang masih bayi ke Ka’bah seraya berdoa dan bersyukur. Kemudian, dia memberi nama Muhammad yang artinya terpuji. Nama ini tidak dikenal di kalangan orang-orang Arab waktu itu. Ketika Abdul Mutholib ditanya mengapa tidak menamakan bayi tersebut dengan nama keluarga dan kerabatnya, dia menjawab bahwa dia ingin agar Alloh Subhanahu wa Ta’ala memuji bayi tersebut di langit dan disanjung manusia di muka bumi ini.

Kakek Nabi sangat bersuka cita dengan kelahiran cucunya ini. Kemudian Abdul Mutholib mengkhitannya pada hari ketujuh setelah kelahiran beliau sebagaimana adat kebiasaan bangsa Arab waktu itu. Selain itu, dia juga telah menyiapkan pesta makanan untuk mensyukurinya. Demikian sepenggal kisah kelahiran nabi kita  Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam. Semoga menambah wawasan pengetahuan kita tentang sejarah perjalanan hidup Rosululloh Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam.

azka

Categories: Kisah Anak Islam | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: