Soal Cerita untuk Materi KPK


Ingat! Kata kunci soal KPK adalah: setiap…, setiap…., dan kata bersamaan.

contoh soal:

1. Lampu merah menyala 8 detik sekali, lampu kuning 12 detik sekali, lampu merah 15 detik sekali. Ketiga lampu menyala bersamaan pk. 10.00. ketiga lampu akan meyala lagi bersamaan kedua kalinya pukul…

2. Toni berenang setiap 10 hari sekali. Tomi berenang setiap 15 hari sekali. Tanggal 5 September 2012 mereka berenang bersama untuk pertama kali. Kapan mereka akan berenang bersama untuk kedua kalinya dan ketiga kalinya?

3. Pak Made mendapat tugas ronda setiap 6 hari sekali, sedangkan Pak Janu setiap 8 hari sekali. Adapun Pak Tono setiap 12 hari sekali. Tanggal 1 Juni 2012 mereka bertiga tugas ronda bersama untuk kali pertama. Kapan mereka akan tugas ronda secara bersama untuk ketiga kalinya?

Jawab:

1. KPK 8, 12, dan 15 adalah 120.

120 detik = 2 menit.

jadi menyala bersamaan kedua kalinya pk. 10.02

2. KPK 10 dan 15 adalah 30.

bersamaan setiap 30 hari sekali

bersamaan kedua kalinya = 5 + 30 = 35 September = 35 – 30 (umur sept.) = 5 Oktober 2012

bersamaan ketiga kalinya = 5 + 30 = 35 Oktober = 35 -31 (umur okt) = 4 Nopember 2012

3. KPK dari 6, 8, dan 12 adalah 24.

bersamaan kedua kali 1 + 24 = 25 Juni 2012

bersamaan ketiga kali 25 + 24 = 49 Juni = 49 – 30 (umur Juni) = 19 Juli 2012

Categories: Soal-soal | 25 Komentar

Navigasi pos

25 thoughts on “Soal Cerita untuk Materi KPK

  1. Soal KPK terkadang bikin bingung. Cara biar mudah mengerjakannya gimana ya?

  2. andriany natalia syafitri

    kalo aku sih gampangnya pake cara tabel

  3. Thiago

    Kalo soalnya ada kata sebaris,itu berarti soal apa ya?? Dan kalo misalnya di soal kpk itu ada jamnya maka itu dicari jg gk ya faktorisasinya??

    • sebaris apa yaa? maaf mungkin temen2 ada yg bantu..
      kalau pake jam ya juga dicari kpk nya trus tinggal tambahin aja. coba share soalnya…

  4. Kalau soalnya kayak gini.”rani menabung 21 hari sekali ,ratna menabung 30 hari sekali.pada tanggal 2 januari 2007,mereka menabung bersama-sama.tanggal berapa mereka akan menabung bersama sama lagi?”,aku udah dapet hasil 21 dan 30 yaitu 210 terus ditambah 2 jadi 212 terus dikurang sama 31,hasilnya 181,gimana ya caranya,bisa bantu jawab??

    • berarti tgl 181 februari. karena gak ada, kurangi dg umur feb (28 hari) . 181 – 28 = 153.
      berarti 153 maret. krn gak ada, kurangi lg dg umur maret (31) . 153 – 31 = 122 april.
      berarti 122 april. gak ada, kurangi lg umur april. 122 – 30 = 92 mei.
      92 mei jg gak masuk akal, kurangi umur mei. 92 – 31 = 61 juni
      61 – 30 (umur juni) = 31 Juli.

  5. untuk matik6sd : tolong diralat perngurangan 181 – 29 jawabannya bukan 93, tetapi 153.

  6. aini

    kalau soalnya bgn ” empat orang membangun jembatan selesai dalam 15 hari. jika ingin diselesaikan dalam 6 hari, berapa orang yang diperlukan? mohon bantuannya

    • Ini bukan KPK Aini…
      ini materi perbandingan. Caranya kurang lebih begini:
      4/15 = n/6
      4 x n = 15 x 6
      4n = 90
      n = 90/4 = 22,5 =23 org.

  7. devish

    klao soal nya gini’
    kakak dan adik diberikan beberapa buku tulisoleh ayah.jmlh buku tulis mereka berdua 12buah.FPB dari banyak buku mereka adalah 4.berapa banyak buku tulis kakak dan adik masing2?

    • di coba-coba aja Devish…
      berarti buku kakak dan adik bisa saja
      11 dan 1
      10 dan 2
      9 dan 3… lanjutkan. cari yg FPBnya 4. semoga membantu.

  8. omi

    maaf pak/bu admin, kalau ada soal kpk/fpb yg memakai hari itu bgmn ya mghitungnya. smisal, Ali Berenang 10 hari sekali, Budi berenang 15 hari sekali, sedangkan Amir berenang 20 hari sekali.
    Ketiga-tiganya sama-sama berenang petamakali pada hari selasa 20 februari 2012, hari apa ketiga-tiganya sama-sama berenang untuk yang keduakalinya?
    trmkasih. sy masih bingung dg soal sperti ini. mhn bantuannya.

    • Kalo itung hari, cara sederhanaya ya dihitung aja Omi. Contoh soal Omi di atas. itukan hari Selasa, sedngkan KPK 10, 15 dan 20 adalah 60. jadi Rohmi tinggal hitung aja 60 hari dari hari Selasa (pake jari, hehe…) . Cuman agak lama.
      Cara kedua adalah membagi KPK dengan 7, karena 1 minggu = 7 hari.
      60:7 = 8 sisa 4. nah kita itung 4 hari setelah selasa. jd jawabnya SABTU.(ingat, kuncinya ada di sisa pembagiannya!)
      semoga bermanfaat…

  9. :)
    Kalau untuk hitung mundur bagaimana ya ? misal diketahui berenang bersama – sama kedua kalinya 5 mei 2014. kmudian KPK nya 72, dan ditanya pertama kali berenang bersama – sama

  10. pinter bngttt…hahahahaha

  11. Kalau soalnya,dewi berenang setiap 6 hari sekali,fara berenang seminggu sekali,gisca berenang 8 hari sekali jika hari ini mereka berenang bersama2 berapa hari lagi mereka akn berenang bersama2 lgi?

  12. theresia

    kalau soalnya ,,,beni mengunjungi perpustakaan setiap seminggu sekali ,citra setiap 6 hari sekali,dan dina setiap 10 hari sekali.hari ini mereka bertemu di perpustakaan.mereka akan bertemu lagi di perpustakaan setelah….hari.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Siti Mugi Rahayu

Belajar, Mengajar, Menulis

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: