Mencari KPK Dua Bilangan dengan Cepat


Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) bisa dicari dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Menuliskan kelipatan dari bilangan yang akan dicari KPKnya.

Contoh: KPK dari 18 dan 24 adalah …

Jawab:

Kelipatan dari 18 adalah: 18, 36, 54, 72, 90, …

Faktor dari 24 adalah: 24, 48, 72, 96, …

Kelipatan yang bersekutu adalah 72. KPK adalah 72

2. Dengan menuliskan faktorisasi prima bilangan yang akan dicari KPKnya.

Dengan syarat:

  1. Tulis semua faktorisasi prima.
  2. Apabila ada bilangan prima yang bersekutu, ambil yang memiliki pangkat terbesar.

Dari contoh di atas, maka:

Faktorisasi prima dari 18 = 2 x 32

Faktorisasi prima dari 24 = 23 x 3

KPK = 23 x 32 = 8 x 9 = 72

 

  3. Dengan menggunakan tabel.

Dengan syarat,kalikan seluruh bilangan primanya.

Dari soal di atas:

  18 24
2  9 12
2 9 6
2 9 3
3  3 1
3 1 1

Maka KPK = 23 x 32 = 72

 

  4. Ini cara tercepat, walaupun masih memiliki syarat.

Caranya adalah dengan mengalikan kedua bilangan yang dicari KPKnya, kemudian bagi dengan FPBnya

Dari soal di atas, maka FPB = 24 – 18 = 6

maka KPK = (18 x 24) / 6 = 72

Sekarang coba tentukan KPKnya (waktu 10 detik!)

  1. 12 dan 16
  2. 24 dan 32
  3. 20 dan 30
  4. 36 dan 48
  5. 30 dan 45

Mudah bukan…

Categories: Matematika | 81 Komentar

Navigasi pos

81 thoughts on “Mencari KPK Dua Bilangan dengan Cepat

  1. Dengan cara 4 penyelesaiannya KPK dari 54 dan 70 bagaimana pak?

    • Cara 4 di situ saya tulis ada syaratnya Pak Sudiyono. Sebelumnya baca dulu tulisan saya “mencari FPB 2 bilangan super cepat”, yaitu dg cara mengurangi kedua bilangan. Jika hasil pengurangan adalah habis dibagi dg kedua bilangan, maka itulah FPBnya.
      Contoh FPB 18 dan 24. 24 – 18 = 6. 18 habis dibagi 6, 24 habis dibagi 6. Maka FPB = 6.
      FPB 12 dan 20. 20 – 12 = 8. 8 bukan FPBnya. Karena 20 dan 12 tdk habis dibagi 8.
      Kurangi lagi hasil pengurangan dg bilangan yg lebih keci. 12 – 8 = 4. Kita tes lagi. Ternyata 20 dan 12 habis dibagi 4. maka FPB = 4.
      Soal dari bapak KPK 54 dan 70. FPB = 2, maka KPK = 54 x 70 : 2 = 1890
      (Maaf pak penjelasannya agak ribet. Semoga bis dipahami. Terima kasih telah berkunjung)

    • caranya adalah dengan terus belajar yang sungguh sungguh.

  2. pak bagaimana cara cepat mencari KPK jika ada 3 bilangan misalnya 6, 8 dan 12

    • Mohon maaf, saya belum tahu caranya😦
      (sudah pernah saya diskusikan dengan teman-teman saya di sekolah, kebanyakan mereka juga belum tahu)

  3. Nasrul da Silva Santos Junior

    pak,bgaimna crax mntukan kpk dan fpb jka blangan yg akn d jdikan kpk dan fpb adlah blgan prima ?!

    • untuk FPB dua bilangan prima, pasti 1
      maka KPKnya adalah perkalian dua bilangan itu.
      contoh:
      berapakah FPB dan KPK dari 11 dan 13?
      FPB = 1
      KPK = 11 x 13 : 1 = 143.
      mungkin begitu ya maksudnya…

      • saya tidak mengerti tolong ajarkan saya sekarang

        apakah anda bisa ngajari saya ?

        saya bangga dengan anda

        anda sekarang berada di mana ?

        saya akan bisa jika anda mengajari saya

        trims:}

      • persija12

        mau tanya FPB dan KPK dari 19 dan 21

      • karena 19 adalah bilangan prima, KPK nya 19 x 21
        FPBnya 1

  4. berapa kpk 120 dan 144, tolng ya pak untk anak, ada prnya

  5. dwi winarno

    Pak klo ada soal cerita ada dua lampu menyala yg satu tiap 12 detik dan satunya tiap 6 detik, berapa kali kedua lampu menyala dalam satu jam. KPK atau FPB yg dipakai untuk mengerjakan soal tersebut. Terima kasih sebelumnya.

  6. elvira

    fpbnya kog gk ad ?

  7. Berapa kpk dari 50 dan 70 ? Makssih

  8. Mohon ajarin saya

  9. Penanya

    kalo KPK 24,54 dan 90 berapa?

  10. M.Fauzan Syawal Iaza

    Kalo kpk dari 42,72,96

  11. wahyu sobari

    kpk dari 18 dan 28 brapa pak balas

  12. Ibu Sri

    Pak Eko,

    Bagaimana cara cepat menyelesaikan KPK bilangan ganjil, contohnya KPK 9 dan 7?

  13. 1.48, 2.96 3.60, 4.144 5. 90

  14. kpk dari 24 30 48 apa ya?

  15. safrinto

    Berapa KPK dari bilangan 24 dan 54 tolong jawab

  16. 15 18 dan 28 berapa

  17. apa kpk dari 48,72 dan 96

  18. Diya

    tlg..kpk dan fpb dari 25,75,100…mumet saya

  19. Chintya Permata Salsabila

    pak,harusnya yang lengkap banget dong?
    jangan separuh2

    • juwita

      KPK 50 dan 70 dengan cara ke 4, kenapa
      gak pas pak?
      (50×70)/20=175
      sementara jawaban yang tepat kan 350 pak??

  20. Rifqy

    Kok 48 & 96 berapa

  21. kpk 18 24 27 apa pak

  22. aku mau nanya berapa kpk dari 105dan 240 , 165dan 325,dan 216 dan 324 jika memakai pohon faktor

  23. diketahui:bendera 25m
    lampu 30m
    tiang listrik 50m
    ditanyakan:berapa meter bendera, lampu, tiang listrik letaknya sebaris
    jawab:kpk dari 25,30,50
    25:…..
    30:…..
    50:…..
    kpk:……
    jadi, bendera, lampu, tiang listrik letaknya…… m

  24. jaya

    pak guru… anak saya ada pr nih, KPK dari 82 & 96 brp ya….? makasih bantuannya…

  25. Bapak coba baca aja artikelnya. Kalo belum paham bisa cari di blog yg lain. Intinya sebagai orang tua kita jg harus bisa mengajari anak kita.

    • jaya

      hehe… maaf, insyaallooh sy sdh paham dg materi baik yg dr buku paket, maupun materi bapak. tp utk soal tsb tdk ketemu jawabannya, makanya sy cari di blog, dan kebetulan dpt blognya bapak…..
      nuwon

  26. aliana

    Kpk dr 82 dan 96 adlh 3936. Dgn cara membuat pohon faktor dulu. Baru kemudian dikalikan.
    Kpk 82 = 2 dan 41 kpk 96 = 2 pangkat 5 dan 3
    . kpk dr keduanya 2pangkat5 x3x41= 3936.
    Silhkn dicoba. Maaf bila ada yg kurang.

  27. yoel kece😎

    Pa kalo fpb 49 gimana ya?

  28. frenda

    Pa fpb 36,45 &64 brp ya klo pa betul 6 perasaan kendalanya ada yg gk sekutu jd bingung saya gmn cara carinya mohon bantuan klo yg tibet gini matursuwon

  29. Balas

    Pak maaf kalo kpk dari 3 dan 225 brp ya?

  30. Fahmi

    KPK dari 14,10 dan 29 brp ya…
    saya bingung….bantu ngerjakan PR anak saya

  31. Saripin Nurcahyadi

    Terima kasih
    semoga berkah untuk semuanya

  32. juwita anna munthe

    Maaf pak, saya coba mencari KPK dari bilangan 50 x 70 dengan cara ke 4.
    (50×70)/20 =175
    sementara jawabannya kan 350??
    kenapa bisa tidak pas jawabannya pak??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: