– Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat.
Banyak metode untuk mengerjakan operasi ini. Yang sering saya gunakan di kelas adalah sebagai berikut:
- Ingat konsep bahwa apabila bilangan yang akan dijumlahkan berbeda tanda, maka kurangkanlah kedua bilangan tersebut.
- Jika bilangan yang akan dijumlahkan memiliki tanda yang sama, maka tambahkan kedua bilangan tersebut.
- Hasil penghitungan adalah mengikuti angka/bilangan yang lebih besar.
Contoh :
- 7 + ( – 9 ) = … operasi penjumlahan di samping memiliki tanda yang berbeda. Maka kita kurangi dua bilangan tadi. 9 – 7 = 2. Karena angka terbesar adalah 9 (bertanda negatif/min), sehingga hasil penjumlahan adalah -2.
Jadi 7 + ( – 9 ) = -2
- ( – 5 ) + ( – 8 ) = … operasi penjumlahan di samping memiliki tanda yang sama (sama-sama bertanda min). Maka kita jumlahkan dua bilangan tadi. 5 + 8 = 13. Karena angka terbesar adalah 8 (bertanda negatif/min), sehingga hasil penjumlahan adalah -13.
Jadi ( – 5 ) + ( – 8 ) = -13
Bagaimana.. mudah bukan??
Simak juga videonya di SINI ya…
Sekarang ayo coba:
- ( – 4 ) + 6 = …
- 25 + ( – 44 ) = …
- ( – 120 ) + 120 = …
- ( – 34 ) + ( – 46 ) = …
- 15 + ( – 25 ) + ( – 10 ) = …
1. ( – 4 ) + 6 = 2
2. 25 + ( – 44 ) = -19
3. ( – 120 ) + 120 = 0
4. ( – 34 ) + ( – 46 ) = -80
5. 15 + ( – 25 ) + ( – 10 ) = -20
ok. Jawaban bener pak guru…
(-34)+248+64=
g mANA cara mengerjakannya???
(-34) + 248
ni tandanya beda, kurangi aja. hasilnya 214 tandanya positif, karena angka terbesar tandanya plus.
214 + 64 = 278.
semoga paham ya. coba baca lagi artikelnya ya…
1. ( – 4 ) + 6 = … 6-4=2 jadi hasilnya 2
2. 25 + ( – 44 ) = … 44-25=19 jadi hasilnya (-19)
3. ( – 120 ) + 120 = … 120-120=0 hasilnya 0?
4. ( – 34 ) + ( – 46 ) = … 46+34=80 hasilnya (-80)
5. (15 + ( – 25 )) + ( – 10 ) = … (25-15)+(-10)=(-10)+(-10)=0
No. 5 tahap sudah benar. (-10) + (-10) => tanda sama kan? jadi ditambah dong. 10 + 10 = 20. Hasilnya (-20)
jika soalnya seperti ini bagaimana cara menjelaskannya ke siswa kelas 4 sd pak agar mudah memahami. terimakasih untuk jawabannya 🙂
a. 8 – (-2) = 10
b. -8 – (-2)= -6
silakan baca artikel pengurangan: https://matikkelas6.wordpress.com/2012/07/27/opersai-pengurangan-bilangan-bulat/.
coba pakai lingkaran kakak misalnya warna merah dan hitam warna merah mewakili bilangan positif dan warna hitam mewakili bilangan negatif , sedangkan untuk operasi +, -,x, : dengan bahasa yg sederhana bahwa bilangan positif di”artikan” dengan kepunyaan kita , bilangan negatif artinya ” meminjam milik teman / orang lain” , perkalian adalah penjumlahan yang berulang sedangkan pembagian adalah pengurangan yang berulang
2+(-3)=-1 maka nila 4+(-4)=….???
apa bisa 0?? atau -8??
jawaban 0
Kak klo misal nya ada soal kyk gni
((-6)×23) – ((-6)×3)
Cara nya kyk gmna ya kak???
Kerjakan dulu yg dalam kurung.
Jadi jawabanya:
-138 – (-18) =
-138 + 18 =
-120
untuk operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat, bisa liat di sini https://matikkelas6.wordpress.com/2012/07/30/operasi-perkalian-dan-pembagian-bilangan-bulat/
kak gimana cara mengerjakan soal ini ?
(-34)+248+64 ??
Kk,kalau cara untu soal ini gimana??
-83+(-34)x7-2
bisa baca di sini
atau di sini
Kalo ini gimana caranya?
500x(-18)-8.000:16+700=?
Kak kalo ini gimana caranya :
52 + (-25) × 60 =…
Jawab : 52 + 25 = 27
27 × 60 = 1.620
Betul gk ka…
ada aturannya Jessica..
Bisa liat di sini https://matikkelas6.wordpress.com/2012/08/01/operasi-hitung-campur-bilangan-bulat/
dan di sini https://matikkelas6.wordpress.com/2013/12/04/operasi-hitung-campur-bilangan-bulat-2/
Udah agak gk binging kok
Ka sumpah ini sangat-sangat bantu banget kak.😂
Makasih sangat sekali sangat membantu kak . Thanks