Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat


–          Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat.

Banyak metode untuk mengerjakan operasi ini. Yang sering saya gunakan di kelas adalah sebagai berikut:

  1. Ingat konsep bahwa apabila bilangan yang akan dijumlahkan berbeda tanda, maka kurangkanlah kedua bilangan tersebut.
  2. Jika bilangan yang akan dijumlahkan memiliki tanda yang sama, maka tambahkan kedua bilangan tersebut.
  3. Hasil penghitungan adalah mengikuti angka/bilangan yang lebih besar.

Contoh :

  1. 7 + ( – 9 ) = … operasi penjumlahan di samping memiliki tanda yang berbeda. Maka kita kurangi dua bilangan tadi. 9 – 7 = 2. Karena angka terbesar adalah 9 (bertanda negatif/min), sehingga hasil penjumlahan adalah -2.

Jadi 7 + ( – 9 ) = -2

  1. ( – 5 ) + ( – 8 ) = … operasi penjumlahan di samping memiliki tanda yang sama (sama-sama bertanda min). Maka kita jumlahkan dua bilangan tadi. 5 + 8 = 13. Karena angka terbesar adalah 8 (bertanda negatif/min), sehingga hasil penjumlahan adalah -13.

Jadi ( – 5 ) + ( – 8 ) = -13

Bagaimana.. mudah bukan??

Sekarang ayo coba:

  1. ( – 4 ) + 6 = …
  2. 25 + ( – 44 ) = …
  3. ( – 120 ) + 120 = …
  4. (  – 34 ) + ( – 46 ) = …
  5. 15 + ( – 25 ) + ( – 10 ) = …
Categories: Matematika | 22 Komentar

Navigasi pos

22 thoughts on “Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat

  1. Denmasgino

    1. ( – 4 ) + 6 = 2
    2. 25 + ( – 44 ) = -19
    3. ( – 120 ) + 120 = 0
    4. ( – 34 ) + ( – 46 ) = -80
    5. 15 + ( – 25 ) + ( – 10 ) = -20

  2. 1. ( – 4 ) + 6 = … 6-4=2 jadi hasilnya 2
    2. 25 + ( – 44 ) = … 44-25=19 jadi hasilnya (-19)
    3. ( – 120 ) + 120 = … 120-120=0 hasilnya 0?
    4. ( – 34 ) + ( – 46 ) = … 46+34=80 hasilnya (-80)
    5. (15 + ( – 25 )) + ( – 10 ) = … (25-15)+(-10)=(-10)+(-10)=0

  3. putrinrm

    jika soalnya seperti ini bagaimana cara menjelaskannya ke siswa kelas 4 sd pak agar mudah memahami. terimakasih untuk jawabannya🙂
    a. 8 – (-2) = 10
    b. -8 – (-2)= -6

  4. 2+(-3)=-1 maka nila 4+(-4)=….???
    apa bisa 0?? atau -8??

  5. Kak klo misal nya ada soal kyk gni
    ((-6)×23) – ((-6)×3)
    Cara nya kyk gmna ya kak???

  6. rnysm hafiza

    kak gimana cara mengerjakan soal ini ?
    (-34)+248+64 ??

  7. Kk,kalau cara untu soal ini gimana??
    -83+(-34)x7-2

  8. Aby

    Kalo ini gimana caranya?

    500x(-18)-8.000:16+700=?

  9. Jessica

    Kak kalo ini gimana caranya :
    52 + (-25) × 60 =…
    Jawab : 52 + 25 = 27
    27 × 60 = 1.620
    Betul gk ka…

  10. Udah agak gk binging kok

  11. Ka sumpah ini sangat-sangat bantu banget kak.😂

  12. Makasih sangat sekali sangat membantu kak . Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: