DEBIT (Menggunakan Segitiga Isi De We)


Mengajarkan materi ini, siswa haruslah sudah menguasai dan memahami konsep satuan volume dan satuan waktu. Bila siswa sudah menguasai dua konsep ini, insya Allah proses belajar di kelas akan berjalan lebih mudah.

Mengajarkan materi satuan volume dan waktu bisa kita ajarkan dengan cara klasik, yaitu melalui tangga satuan (bisa dilihat pada slide power point). Untuk menghafalkan tangga satuan volume, siswa bisa diajarkan dengan menggunakan akronim, seperti: KaMu-Harus-DApat-Masak-Daging-CaMpur-Mmie. Setiap tangga harus dipahami oleh siswa bernilai 1000 tiap tingkatnya, dengan mengingatkan kepada siswa bahwa pada satuan volume terdapat tanda kubik (pangkat 3). Diterangkan pula satuan volume dalam liter. Konversi satuannya, seperti: liter = dm3, ml = cm3 = cc. Demikian pula untuk satuan waktu. Siswa diajar dengan menggunakan tangga waktu, dengan nilai tiap tangga adalah 60.

Sebelum masuk dalam materi debit, siswa terlebih dahulu diberi latihan mengubah satuan volume dan waktu, seperti:

–          1 m3 = … cm3                                –  1 menit = … detik

–          100 dm3 = … m3                            –  1  jam = … menit

–          1 liter = … dm3                              –  180 detik = … menit

–          1 m3/jam = … dm3/jam                 –  3 liter/jam = … cm3/menit

Bila siswa sudah mampu mengubah satuan volume dan waktu seperti contoh di atas, maka kita dapat melanjutkan dan masuk pada materi utama, yaitu penjelasan debit kepada siswa. Siswa terlebih dahulu dipahamkan akan pengertian debit serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah siswa memahami konsep debit, dapat kita lanjutkan dengan menjelaskan rumus debit melalui definisi debit. Rumus debit adalah :

Debit  =  Volume : Waktu

Biasanya siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal debit ini, jika pertanyaan adalah volume atau waktu. Siswa SD pada umumnya belum sepenuhnya memahami perubahan rumus dilihat dari satuan masing-masing. Oleh karena itu dikenalkanlah segitiga Isi De We (bahasa Jawa, isi dewe = isi sendiri).

isi dewe

Segitiga ini dapat membantu siswa untuk mencari perhitungan volume atau waktu. Siswa cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanya dari soal debit. Sehingga siswa tahu tanpa menghafal, bahwa :

Debit = Volume : Waktu,

Waktu = Volume : Debit, dan

Volume = Debit x Waktu.

Demikian sekilas penggunaan segitiga Isi De We, dalam penerapannya pada materi debit untuk siswa kelas 6 SD.

Categories: Matematika | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “DEBIT (Menggunakan Segitiga Isi De We)

  1. anisa salsabila

    trik trik nya gimana? sama jalan nya?

  2. trik ama contohnya mana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

SIDE OF MINE

When The Words Could Be Speak

KIMIA ASYIK

Info : Pendidikan, Teknologi Pembelajaran berbasis ICT, Software, serta Pembelajaran Kimia Via Blog, Sosial Media (FB, Twitter) dan Acer Guraru.

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: