Penarikan Akar Pangkat 3


Langkah-langkah menarik akar pangkat tiga:

  1. Tulis hasil pangkat tiga dari 1 sampai dengan 9.

13 = 1

23 = 8

33 = 27

43 = 64

53 = 125

63 = 216

73 = 343

83 = 512

93 = 729

2. Tulis bilangan kubik yang akan ditarik akarnya.

3. Hitung tiga angka dari belakang, kemudian beri garis pemisah.

4. Di sebelah kiri garis pemisah, lihat angka satuan. Tulis satuan jawaban (lihat satuan bilangan kubik di atas/langkah 1), tulis bilangan pangkat tiganya.

5. Di sebelah kanan garis pemisah, lihat bilangan kubik yang sama atau lebih kecil darinya (lihat bilangan kubik/ langkah 1), tulis bilangan pangkat tiganya.

6. Gabungkan hasil langkah 4 dan 5

7. Selesai.

Contoh:  V300.763 = …

300 I 763

__    I     7

( satuan adalah 3. Lihat bil.kubik di atas yaitu 343. Tulis bil. Pangkat tiganya yaitu 7)

300 I 763

6      I      7

( lihat 300. Bil. kubik yang lebih keci dr 300 adalah 216. Tulis bil. Pangkat tiganya  yaitu 6)

Jawaban 67.

Semoga paham…

Bisa lihat videonya di sini , tapi sambil buka fb ya, karena videonya ada di facebook saya.

Bagaimana dengan pangkat 2?? Caranya sama kok, hanya saja menarik akar pangkat dua suatu bilangan mempunyai dua kemungkinan jawaban.

 

About these ads
Categories: Matematika | 17 Komentar

Post navigation

17 thoughts on “Penarikan Akar Pangkat 3

  1. metode ini dinamakan apa yah?

    • matik6sd

      Waduh… metode apa ya? Maaf, kayaknya tidak ada namanya. Saya sudah nanya temen-temen, juga nggak tahu namanya. :)
      Tapi Ulfa faham kan dengan metode ini?

      8-11-2012: Ternyata ini namanya metode tabel. Ada 2 metode untuk mencari akar pangkat 3. Satu lagi adalah metode dengan pohon faktor.

  2. Arif

    Kalau bilangan yang tidak habis diakar pangkat tigakan gimana mas, contohnya V589675

  3. okta pratama

    kalau ada cara biasanya aja, siapa tau hasilnya koma

  4. hmm,, menurut dosen saya, metode ini d namakan metode kalandra,
    karena digunakan untuk penarikan akar pangkat tiga dari bilangan kubik yg terdiri dri lebih dari 3 angka. :)

    • muhammad farhan

      kalau 512 pangkat 3 nya berapa dan jelaskan caranya

      • akar pangkat 3 512 = 8, karena 8 x 8 x 8 = 512.
        coba Farhan lihat di atas.
        Kalo 512 pangkat 3 = 512 x 512 x 512 = …. (hitung sendiri ya :) )

  5. akuakau

    akar pangkat 3 dari 17.567 apa sih

  6. ical erviawean

    gimn klo 4 angka aja? contoh 4913

  7. Midjan

    berapa akar pangkat tiga dari 300673, 300763, 406703, masak jawabnya sama = 67> berarti metode ini salah?

  8. felicia

    gimana akar pangkat 3 dari 495?

    • 495 bukan bilangan kubik. Jadi tidak ada jawabannya..
      Mohon maaf ini bukan materi matematika SD. Untuk SD selalu memberikan soal yg sudah pasti (bilangan kubik). :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Siti Mugi Rahayu

Belajar, Mengajar, Menulis

FORUM KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA JAWA TENGAH

Just another WordPress.com weblog

fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Blog Guru Kimia Borneo

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

TAUFIK IBRAHIM'S Corner

Kreasi-Inovasi-Motivasi untuk Pembelajaran

subhandepok

Kita sudah digariskan menjadi guru... jangan biarkan biasa-biasa saja

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: